Senin, 22 November 2010

Misteri Dasar Laut Hitam

Laut Hitam adalah sebuah laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil. Dia terhubungkan dengan Laut Tengah oleh Bosporus dan Laut Marmara, dan Laut Azov oleh Selat Kerch.
Negara yang berbatasan dengan Laut Hitam adalah Turki, Bulgaria, Romania, Ukraina, Russia, Georgia. Semenanjung Krim adalah Republik Otonomi Ukraina.
Laut Hitam menyimpan banyak misteri yang masih terus digali hingga saat ini. Salah satu temuan yang baru-baru ini adalah oleh Ilmuwan Inggris yang menemukan sungai di bawah Laut Hitam. Sungai itu terletak di kedalaman 115 kaki dengan lebar setengah mil.


Sungai itu ditemukan tim peneliti dari Universitas Leeds dengan menggunakan kapal selam robot untuk memindai dasar laut dekat Turki. Berdasarkan alirannya, jika diukur sebagaimana sungai yang ada di daratan, para ilmuwan memperkirakan sungai ini merupakan sungai ke enam terbesar di dunia. Aliran sungai itu membawa sedimen dan air yang sangat asin.

Sedimen dan tingginya kadar garam membuat aliran sungai itu terlihat seperti saluran yang dalam. Sungai ini adalah satu-satunya sungai bawah laut yang aktif dan terhubung dari Mediterania ke Laut Hitam melalui Selat Bosphorus.

Ketua tim peneliti dr Dan Parson mengatakan air yang mengalir pada sungai bawah laut memiliki "kepadatan" aliran yang lebih tinggi karena membawa begitu banyak sedimen.

Aliran sungai yang belum diberi nama ini lebih besar 350 kali ketimbang aliran Sungai Thames di Inggris dan memiliki saluran, jeram dan air terjun. Jumlah air asin yang mengalir pada sungai bawah laut itu sekitar 22 ribu meter kubik atau 10 kali lebih besar dari sungai terbesar Eropa, Rhine.

Selain penemuan sungai bawah laut, ditemukan juga struktur bangunan dan kayu pada kedalaman beberapa ratus kaki dari permukaan laut.
Dengan menggunakan Robot bawah air, para peneliti memperkirakan usia bangunan ini adalah sekitar 7.500 tahun. Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti underwater surveyors yang diketuai oleh Dr. Robert Ballard, yang juga telah menemukan Titanic.

Mereka memperkirakan, bangunan tua itu dahulunya adalah sebuah perkampungan yang tenggelam akibat banjir besar yang terjadi di zaman Nabi Nuh AS.

Para ilmuwan tersebut mempercayai bahwa penemuan tersebut membuktikan keberadaan sebuah kawasan yang telah tenggelam yang disebabkan oleh banjir besar yang melanda sekitar 5000 SM. Menurut teori mereka, banjir besar tersebut disebabkan oleh adanya pencairan gletser dari tanah tinggi di Eropa

Anda sedang membaca Artikel tentang Misteri Dasar Laut Hitam ndan anda bisa menemukan Artikel Misteri Dasar Laut Hitam ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2010/11/misteri-dasar-laut-hitam.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Misteri Dasar Laut Hitam ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Misteri Dasar Laut Hitam sebagai Sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar