Jumat, 12 November 2010

Masjid Inuvik, Masjid Pertama di Kutub Utara

Masjid Inuvik merupakan Masjid pertama yang berdiri di kawasan paling utara Kanada yang masuk dalam wilayah Kutub Utara, setelah hampir satu abad Islam berkembang disana, Masjid ini adalah merupakan Masjid pertama yang didirikan di wilayah kota Thompson.

Berdirinya Masjid ini tidak terlepas dari upaya gigih sebuah badan amal Muslim Manitoba, Kutub Utara, The Zubaidah Tallab Foundation.  
Masjid pertama di kutub utara, Kanada, ini  resmi dibuka Rabu (10/11). Masjid tersebut tiba di kota kecil itu bulan lalu, setelah menempuh perjalanan 4.000 kilometer (2.485 mil) melintasi daratan dan sungai.
Jumlah kaum Muslim di kota berpenduduk sekitar 4.000 jiwa di wilayah barat laut Kanada itu terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir menjadi sekitar 80 orang.

Selama ini, sebuah trailer dengan kontainer seluas 14 kaki persegi difungsikan sebagai masjid, namun makin lama makin tak bisa mengakomodasi seluruh jamaah.
 
Masjid baru yang dijuluki 'little mosque on the tundra' oleh media Kanada itu, menawarkan ruang utama dengan karpet merah, dapur dan perpustakaan.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga bisa dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan warga dengan daya tampung hingga 3.500 orang. Kaum Muslim di kutub utara adalah imigran Sudan, Libanon, dan Mesir yang pindah ke Kanada untuk mencari pekerjaan dan kesempatan ekonomi.

Semoga dengan berdirinya Masjid ini, akan menjadi tonggak baru akan syiar dakwah Islam di wilayah Kutub Utara.

 
Anda sedang membaca Artikel tentang Masjid Inuvik, Masjid Pertama di Kutub Utara ndan anda bisa menemukan Artikel Masjid Inuvik, Masjid Pertama di Kutub Utara ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2010/11/masjid-inuvik-masjid-pertama-di-kutub.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Masjid Inuvik, Masjid Pertama di Kutub Utara ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Masjid Inuvik, Masjid Pertama di Kutub Utara sebagai Sumbernya.

5 komentar:

  • Unknown says:
    13 November 2010 pukul 00.57

    Ami... !

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

  • Djangan Pakies says:
    13 November 2010 pukul 06.27

    subhanallah, semoga syiar Islam makin membumi dan mengetuk setiap sanubari untuk mendapatkan hidayah, dan terbukanya mata orang-orang non islam bahwa islam itu indah dan membawa rahmat bagi alam

  • madinger Ra says:
    13 November 2010 pukul 15.32

    baru tau saya, ternyata di sana ada mesjid juga ^^

    ohya, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya. kalau berkenan, silakan mampir lagi :)

  • TUKANG CoLoNG says:
    13 November 2010 pukul 17.46

    entar yg di kutub selatan nyusul. :D

  • Lilis says:
    13 November 2010 pukul 18.51

    Soal waktu shalatnya gimana ya.. Di kutub utara daerah yang unik.

Posting Komentar