Kamis, 04 November 2010

Jika Bernafas Harus Membayar, Berapa Uang Yang Harus Dikeluarkan ?

Seorang asisten dosen di FMIPA-IPB, Syaefuddin mengatakan bahwa sekali bernafas, umumnya manusia memerlukan 0,5 liter udara. Jika perorang manusia bernafas 20 kali permenit, berarti udara yang dibutuhkan sebanyak 10 liter. Dalam sehari, setiap orang memerlukan 14.400 liter udara. Berapa nilai tersebut bila dirupiahkan?
Sebagaimana diketahui, udara yang dihirup manusia terdiri dari beragam gas, semisal oksigen dan nitrogen. Masing-masing, 20% dan 79%, mengisi udara yang ada di sekitar manusia. Jika perbandingan oksigen dan nitrogen dalam udara yang manusia hirup sama maka setiap kali bernafas manusia membutuhkan 100 ml oksigen dan 395 ml sisanya berupa nitrogen. Artinya, dalam sehari manusia menghirup 2880 liter oksigen dan 11.376 liter nitrogen.

Jika harga oksigen yang dijual saat ini adalah Rp 25.000 perliter dan biaya nitrogen perliternya Rp 9.950, maka setiap harinya manusia menghirup udara sekurang-kurangnya setara dengan Rp 176.652.165. Dengan kata lain, jika manusia diminta membayar sejumlah udara yang dihirup, berarti setiap bulannya ia harus menyediakan uang sebesar Rp 5,3 miliar. Dan dalam setahun, manusia dapat menghabiskan dana Rp 63,6 miliar hanya untuk bernafas.

Sungguh, Allah Maha Pemurah. Udara yang melimpah-ruah di alam adalah bukti kasih sayang-Nya yang luar biasa. Sekumpulan gas tersebut Allah berikan kepada kita secara cuma-cuma alias gratis! Tak sepeser pun kita dipungut oleh Allah SWT untuk membayar nikmat yang luar biasa itu. Lebih dari itu, Dia-lah Tuhan Yang mengurus kita siang-malam tanpa pernah meminta upah secuil pun. Mahabenar Allah Yang berfirman (yang artinya): Katakanlah, “Siapakah yang dapat memelihara kalian pada waktu malam dan siang hari selain Zat Yang Maha Pemurah?”(TQS Al-Anbiya’ [21]: 42).

Pertanyaannya: Sudahkah kita bersyukur atas semua itu? Sudah berapa miliar kali hamdalah kita ucapkan untuk-Nya? Sudah berapa lama kita luangkan waktu untuk beribadah dan ber-taqarrub kepada-Nya? Sudah berapa jauh kita menaati segala titah-Nya? Sudah berapa besar pengorbanan kita untuk agama-Nya? Sudah berapa banyak harta milik-Nya yang kita infakkan di jalan-Nya? 

Dikutip dari catatan Ust. Arif B Iskandar
Anda sedang membaca Artikel tentang Jika Bernafas Harus Membayar, Berapa Uang Yang Harus Dikeluarkan ? ndan anda bisa menemukan Artikel Jika Bernafas Harus Membayar, Berapa Uang Yang Harus Dikeluarkan ? ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2010/11/jika-bernafas-harus-membayar-berapa.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Jika Bernafas Harus Membayar, Berapa Uang Yang Harus Dikeluarkan ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Jika Bernafas Harus Membayar, Berapa Uang Yang Harus Dikeluarkan ? sebagai Sumbernya.

2 komentar:

  • Popi says:
    4 November 2010 pukul 15.54

    makanya kita harus sering-sering bersyukur ya? karena Tuhan sudah memberikan segala sesuatunya pada kita dengan gratis!

  • z33s says:
    8 November 2010 pukul 15.21

    seandainya semua manusia memperhitungkan hal seperti ini, pasti mereka akan lebih banyak bersyukurnya.

    sungguh maha besar kekuasaan Allah...

    Alhamdulillah...

Posting Komentar