Selasa, 12 Oktober 2010

Siapakah Orang Yang Bangkrut Itu ?

Kalau kita bicara soal bangkrut atau pailit, tentu kita mikirnya pasti orang yang hartanya habis atau orang kaya tiba-tiba jatuh miskin serta terlilit hutang. Memang bener sih, hal yang seperti kriteria diatas bisa dikatakan termasuk orang-orang yang bangkrut. Tapi secara hakikat yang sebenarnya dalam ajaran islam orang-orang yang bangkrut adalah seperti yang digambarkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis :


Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Tahukah kalian siapa sebenarnya orang yang bangkrut?" Para sahabat menjawab, "Orang yang bangkrut menurut pandangan kami adalah seorang yang tidak memiliki dirham (uang) dan tidak mermliki harta benda". Kemudlan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, "Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari Kiamat membawa pahala shalat, pahala puasa dan zakatnya, (tapi ketika hidup di dunia) dia mencaci orang lain, menuduh orang lain, memakan harta orang lain (secara bathil), menumpahkan darah orang lain (secara bathil) dan dia memukul orang lain, lalu dia diadili dengan cara kebaikannya dibagi-bagikan kepada orang ini dan kepada orang itu (yang pernah dia zhalimi). Sehingga apabila seluruh pahala amal kebaikannya telah habis, tapi masih ada orang yang menuntut kepadanya, maka dosa-dosa mereka (yang pernah dia zhalimi) ditimpakan kepadanya dan (pada akhirnya) dia dilemparkan ke dalam neraka." (Riwayat Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad dan lainnya)

Dari hadist diatas orang yang bangkrut atau pailit adalah mereka yang kelak di akhirat membawa pahala kebajikan namun ketika di dunia mereka juga suka berbuat dholim sehingga kelak diakhirat amal-amal kebajikannya akan dikurangkan untuk mengganti semua berbuatan dholim yang pernah dia lakukannya pada orang lain sehingga semua amalannya habis, dan jika semua amalannya sudah habis namun masih belum bisa menutupi  semua perbuatan dholim yang pernah dia lakukan maka dosa-dosa orang yang pernah dia dholimi akan dibebankan kepadanya sehingga dia di siksa di dalam neraka. (Naudhubillahimindhalik).
Semoga kita semua bukan termasuk orang-orang yang bangkrut amal kelak di akhirat nanti.


Anda sedang membaca Artikel tentang Siapakah Orang Yang Bangkrut Itu ? ndan anda bisa menemukan Artikel Siapakah Orang Yang Bangkrut Itu ? ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2010/10/siapakah-orang-yang-bangkrut-itu.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Siapakah Orang Yang Bangkrut Itu ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Siapakah Orang Yang Bangkrut Itu ? sebagai Sumbernya.

3 komentar:

  • Soe86 says:
    12 Oktober 2010 pukul 21.18

    Sangat bermanfaat La... Mudah-mudahan aku g tergolong orang bangkrut, Amin...

  • Unknown says:
    13 Oktober 2010 pukul 06.43

    Subhanallah....moga kita bukan tergolong orang2 yang bangkrut....amin ya allah hu ya rab..

  • Ella says:
    13 Oktober 2010 pukul 08.31

    @Antropologi &pushtop : mudah-mudahan, Amiin...

Posting Komentar