Kamis, 29 November 2012

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran

Tumbuhan Ajeran atau dalam bahasa daerah lain ada yang menyebut : Hereuga, Jaringan, ketul, ketul kebo, ketul sapi, ketulan, lancitawa. 

Tumbuhan ini tumbuh liar, kadang-kadang dikebun sebagai tanaman hias. Tinggi sekitar 50 - 150 cm, tumbuh di pinggir jalan dan tanah kosong yang tidak terpelihara, di tempat panas atau agak teduh dan lembab. Batang 4 persegi, warna hijau, dan ujung batang kadang-kadang berbulu kasar. Daun bertiga atau terbagi tiga bentuk bulat telur, pinggir bergerigi, warna hijau mempunyai tangkai daun. Pada pangkal tangkai daun terdapat daun kecil-kecil. Bunga bertangkai, mahkota bunga berwarna putih, dengan putik bulat berwarna kuning.

BAGIAN YANG DIPAKAI :
Akar, daun, seluruh tanaman.

KEGUNAAN / KHASIAT :
1. Mengobati influenza, demam, sakit tenggorokan (Penyebab virus)
2. Mengobati radang usus buntu
3. Acute infection hepatitis
4. Mengobati Gastroenteritis (berak-berak/mencret)
5. Rheumatik sendi
6. Radang selaput otak
7. Wasir
8. Sakit gigi

PEMAKAIAN : 15 - 20 gr, direbus

PEMAKAIAN LUAR : Radang kulit bernanah (Pyodermi), gigitan ular, memar terpukul, wasir, gatal-gatal, caranya lumatkan bahan segar untuk dipakai ditempat yang sakit, atau rebus dengan air untuk cuci. Untuk koreng, daun dilayukan diatas apai, ditempelkan pada koreng.
Anda sedang membaca Artikel tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran ndan anda bisa menemukan Artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2012/11/manfaat-dan-khasiat-tanaman-ajeran.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran sebagai Sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar