Jumat, 03 Februari 2012

Siapakah “Bapak Robot” Modern ?

Ibnu Ismail Al Jazari adalah tokoh besar dibidang mekanik dan industri. Lahir di Al Jazira, yang terletak diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara sungai Tigris dan Efrat. Al-Jaziri merupakan ahli teknik yang luar biasa pada masanya. Nama lengkapnya adalah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, pada abad kedua belas. Beliau mendapat julukan sebagai 'Bapak Modern Engineering' berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan banyak lagi. Dia juga dikenal sebagai 'Bapak Robot' karena mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.


Ia di panggil Al-Jazari karena lahir di Al-Jazira, sebuah wilayah yang terletak di antara Tigris dan Efrat, Irak. Seperti ayahnya ia mengabdi pada raja-raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200 sebagai ahli teknik. Donald Routledge dalam bukunya Studies in Medieval Islamic Technology, mengatakan bahwa hingga zaman modern ini, tidak satupun dari suatu kebudayaan yang dapat menandingi lengkapnya instruksi untuk merancang, memproduksi dan menyusun berbagai mesin sebagaimana yang disusun oleh Al Jazari.

Pada 1206 Al-Jazari merampungkan sebuah karya dalam bentuk buku yang berkaitan dengan dunia teknik. Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, lengkap dengan rincian gambar-gambarnya dalam buku, “al-Jami Bain al-Ilm Wal 'Aml al-Nafi Fi Sinat 'at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices). Bukunya ini berisi tentang teori dan praktek mekanik. Karyanya ini sangat berbeda dengan karya ilmuwan lainnya, karena dengan piawainya Al-Jazari membeberkan secara detail hal yang terkait dengan mekanik. Dan merupakan kontribusi yang sangat berharga dalam sejarah teknik.
Anda sedang membaca Artikel tentang Siapakah “Bapak Robot” Modern ? ndan anda bisa menemukan Artikel Siapakah “Bapak Robot” Modern ? ini dengan URL http://laylawaty.blogspot.com/2012/02/siapakah-bapak-robot-modern.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Siapakah “Bapak Robot” Modern ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Siapakah “Bapak Robot” Modern ? sebagai Sumbernya.

1 komentar:

  • Anonim says:
    19 Mei 2014 pukul 07.23

    izin share ya

Posting Komentar